August 2, 2018

Sejarah

Desa Sumber Anom terbentuk dari pemekaran desa Pucang Anom sejak tahun 2007 dan diakui secara derivatif sejak tahun 2009. Pemicu Pemekaran Desa terjadi karena adanya kesepakatan dari perkumpulan tokoh masyarakat untuk melakukan pemekaran desa. Hal itu dipicu oleh adanya pemekaran Kecamatan Tamanan. Proses pemekaran melibatkan seluruh unsur masyarakat desa antara lain : Tokoh masyarakat, pemerintah kecamatan dan kabupaten serta seluruh masyarakat desa Pucang Anom.

Nama “Sumber Anom” diambil dari gabungan antara desa Pucang Anom dan dusun Sumber Tengah yang memiliki makna desa yang muda/masih baru. Desa Sumber Anom terdiri dari 5 dusun yaitu : Desa Gunung Malang Utara, Desa Gunung Malang Selatan, Dawuhan, Kebun Kresek, dan Sumber Tengah. Pada awal terbentuknya desa, batas desa dikoordinasikan dengan desa Pucang Anom dan dibantu oleh pihak dari kecamatan Tamanan dan Jambesari.

Kepala Desa pertama (I) dijabat oleh Bapak Rukmo. Beliau adalah salah satu tokoh pencetus pemekaran desa dan dipilih menjadi kepala desa mulai tahun 2009-2014. Kepala Desa kedua (II) dijabat oleh Bapak Misyono mulai tahun 2015 – Sekarang.

 

 

Skip to toolbar